Cahaya

Posted: Rabu, 12 Mei 2010 by yudi in Label:
1

Pada hakikatnya cahaya merupakan energy yang meluncur melalui ruang sebagaimana riak air menyebar di permukaan kolam tenag (cahaya menyerupai gelombang). Cahaya berjalan lurus melalui udara kalau mencapai air cahaya itu akna mengubah arah tetapi kemudian akan berjalan lurus lagi dalam air.
Menurut Issac Newton “sinar dan cahaya” adalah benda-benda sangat kecil yang terpancar dari bahan yang bersinar, Newton menyatakan cahaya sebagai korposkular berdasarkan kenyataan bahwa dalam medium serba sama tertentu maka cahaya memperlihatkan lintasan seperti garis lurus.
Teori cahaya dari Christian Huygens menyatakan bhwa cahaya adalah suatu gerak gelombang yang terpancar dari suatu sumber dalam semua arah. Dari teori ini dapat diterangkan tentang hokum-hukum dasar pemantulan dan pembiasan. Gejala imterferensi yaitu peristiwa terbentuknya pita-pita terang dan gelap akibat pemnatulan cahaya pada lapisan tipis. Gejala difraksi yaitu penyebaran sinar di sekitar pinggiran suatu penghalang yang terkena cahaya.
( Dosen-dosen Fisika FMIPA ITS,2005)

1 komentar:

  1. Top 10 Casino Restaurants in Columbus, OH - Mapyro
    Looking for the best 평택 출장샵 restaurant 진주 출장안마 in 경산 출장샵 Columbus, 충주 출장안마 OH? Mapyro has you covered with reviews, photos 안동 출장마사지 & menus to find the best spot for you.