DIFRAKSI

Posted: Sabtu, 15 Mei 2010 by yudi in Label:
0

Gejala difraksi terjadi bila suatu gelombang yang dalam penjalarannya terganggu oleh suatu penghalang yang berukuran dalam orde panjang gelombang. Peristiwa difraksi cahaya teramati bila cahaya melewati celah sempit sehingga hanya sebagian kecil cahaya datang tersebut dapat diteruskan.

Difraksi merupakan pembelokan gelombang di sekitar sudut yang terjadi apabila sebagian muka gelombang dipotong oleh halangan atau rintangan. Pola gelombang hasilnya dapat dihitung dengan memperlakukan setiap titik pada muka gelombang asal sebagai sumber titik sesuai dengan prinsip Huygens dengan menghitung pola interfensi yang berhasil dari sumber ini.

Dalam difraksi dari sebuah celah tunggal ini akan dibicarakan pola difraksi yang dibentuk oleh cahaya polikromatik gelombang bidang (sinar sejajar) bila cahaya itu muncul keluar dari sebuah celah sempit yang panjang, seperti yang diperlihatkan dalam gambar diatas. Kita namakan dimensi sempit itu lebar, walaupun dalam gambar ini dimensi sempit itu adalah sebuah dimensi vertikal.



0 komentar: