Sistem Satuan

Posted: Sabtu, 15 Mei 2010 by yudi in Label:
5


Suatu benda, dalam dipelajari secara kualitatif dan kuantitatif. Dalam fisika sendiri, sutau benda dipelajari secara kuantitatif yang nantinya akan dinyatakan dalam bilangan atau satuan. Untuk mempermudahkan dalam penganalisaan terhadap suatu benda, maka diperlukan suatu besaran standar atau besaran umum yang nantinya akan digunakan secara umum oleh setiap orang. Dan dalam menyatakan suatu besaran dalam suatu dimensi atau kondisi, maka perlu aturan-aturan yang harus ditentukan. Sistem pengaturan ini disebut sistem satuan...

Dalam dunia fisika, ada 4 jenis sistem satuan, yakni:
->> Sistem Statis (besar dan kecil)
->> Sistem Dinamis (MKS dan CGS)
->> Sistem Inggris (Absolut dan teknik)
->> Sistem International (SI)

Wah, kok njilemet ya..???? Sebenarnya tidak, klo kita bisa membedakan antara satu dengan yang lain. seperti orang harus tau perbedaan sebelum menyimpulkan kesamaan segala sesuatu. Nah, Langsung ja....

Sistem Statis itu biasanya dipakai dalam penyimpulan terhadap suatu benda, namun sebelum tau nilai besarnya secara angka.

Sistem Dinamis biasanya dipakai dalam suatu pernyataan yang membutuhkan penyamaan persepsi terlebih dahulu dalam suatu soal atau permasalahan. Contoh, ketika da suatu soal, atau suatu permasalahan yang sejak awal satuan massa adalah kilogram, maka untuk selanjutnya gunakan yang sebanding dengan kilogram, yakni untuk panjang adalah meter, untuk gaya adalah newton, untuk waktu adalah sekon/detik, yang kemudian dikenal dengan sistem MKS. Begitu juga untuk massa digunakan satuan gram, maka untuk selanjutnya, satuan yang digunakan adalah yang sebanding yakni untuk panjang adalah sentimeter, untuk gaya adalah dyne, untuk waktu adalah sekon/detik, yang kemudian disebut sistem CGS. Adapun jika ada yang berbeda atau tidak sebanding, maka harus diperlukan konversi antara kedua satuan tersebut.

Sedangkan untuk sistem Inggris, ini sering digunakan dalam menyatakan suatu yang besar (kuantitas besar) dan sering dipakai oleh orang teknik.

Untuk satuan internasional adalah satuan yang telah disapakati dengan para ilmuwan untuk digunakan dalam setiap menyatakan besaran. Oleh karena itu, dalam pelajaran2 yang ada di tempat kita digunakan SI. Tabelnya ini:


5 komentar:

  1. Anonim says:

    MANTAB NICH ARTIKELNYA calvinpt.blogspot.com

    berkunjung ke blogsaya ya mungkin disan bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat

  1. Unknown says:

    Wah uhnyu gila artikelnya

  1. Unknown says:

    mksh kak, aku minta ilmu nya ya kak...

  1. manfaatnya guede ...ijin copas ya ..

  1. Unknown says:

    Download materi pdf nya dong buat aku